Startup itu apa? Apa bedanya dengan Wirausaha?

Halo, sobat Aplikom...

Untuk beberapa hari ke depan tema artikel pada blog ini akan lebih banyak ke arah startup ya. Soalnya Mimin lagi senang belajar tentang materi Startup. Pada artikel ini, Mimin akan mengenalkan sobat Aplikom dengan Startup dan apa bedanya Startup dengan Wirausaha. Yuk, kita mulai bahas!


Startup itu apa sih?
Startup (atau start-up) adalah sebuah perusahaan yang berjalan dibawah 5 tahun alias perusahaan yang baru saja dirintis.  Startup biasanya menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya & memecahkan sebuah masalah yang ada di masyarakat. Startup harus mempunyai bisnis model yang bersifat repeatable dan scalable. Startup identik dengan Speed, Learning, dan Focus.

Wirausaha itu apa sih?
Wirausaha adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Apa bedanya Startup dengan wirausaha pada umumnya?
Pada umumnya sebuah startup memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:
  • Memiliki ide yang sangat inovatif dan disruptive.
  • Menggunakan teknologi untuk mendukung core business-nya.
  • Sedang menjalani program – program dari investor, seperti akselerator atau inkubasi.
  • Memiliki growth bisnis yang sangat cepat dibanding wirausaha lainnya.
  • Mempunyai bisnis model yang repeatable dan scalable.
  • Identik dengan mencari dan memvalidasi bisnis model secara terus menerus hingga menemukan yang bisnis model yang tervalidasi.
  • Startup selalu mencari dan memvalidasi segment market yang tepat dan spesifik agar startup tersebut bisa menjadi solusi bagi customer yang masuk dalam segment market tersebut.
Lalu bagaimana dengan wirausaha? Apa bedanya wirausaha ini dengan startup? Biasanya wirausaha itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:
  • Wirausaha berorientasi untuk mencari keuntungan finansial dari usaha yang ia lakukan, mungkin apa yang ia tawarkan ke masyarakat sesuatu yang umum dan tidak baru.
  • Wirausaha akan menginvestasikan modalnya guna mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga fokus yang ada berbeda.
  • Wirausaha memilih untuk menerapkan bisnis model yang sudah ada atau umum dijalankan guna menghindari risiko.
Kendala apa saja yang sering dihadapi oleh sebuah Startup?
Setiap bentuk usaha pasti ada kendala yang pernah dialami. Startup pun dalam masa pengembangannya ada kendala-kendala yang mereka hadapi. Faktanya, 66% startup yang sukses, itu selalu mengubah rencana awal dan sepanjang perjalanan bisnis mereka hingga mereka menemukan bisnis model yang valid dan mampu memberikan solusi terbaik dan jangka panjang bagi pelanggan mereka. Startup sukses tidak selalu dimulai dengan rencana awal yang lebih baik. Startup sukses adalah Startup yang mampu menemukan rencana kerja dan bisnis model yang valid sebelum mereka kehabisan resource. Resource yang dimaksud ini adalah dana dan sumber daya manusia. Sembilan dari sepuluh startup gagal dalam perjalanan dikarenakan mereka membuat produk yang tidak dibutuhkan oleh target market mereka. Oleh karena itu penting sekali melakukan riset dan validasi pada Startup.

Kendala apa saja yang sering dihadapi oleh Wirausaha?
Wirausaha berorientasi untuk mencari keuntungan finansial dari usaha yang ia lakukan, sehingga kendala terbesar terjadi ketika tidak terjadinya penjualan dimana biaya awal produksi cukup tinggi. Kurangnya keterampilan dalam pengemasan dan pemasaran produk, tidak adanya produk yang baru yang menarik, tidak adanya akses ke pendanaan, keuntungan yang tidak mencukupi, tidak adanya kepercayaan diri untuk memasarkan produk, pemasok yang berbiaya tinggi, hambatan birokrasi, dan suku Bunga tinggi menjadi kendala umum yang sering dihadapi para wirausaha yang mungkin fatalnya dapat menyebabkan kegagalan dalam usaha bisnis mereka.

Bagaimana? Terlihat kan perbedaan antara Startup dengan Wirausaha? Oke, pada artikel selanjutnya kita akan belajar langkah awal apa yang harus kita lakukan untuk mulai mengembangkan sebuah Startup!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter