Cara Agar Google Chrome Tidak Menggunakan Ram Terlalu Banyak Pada Windows

Pada saat ini penguasa internet terbesar adalah Google. Banyak produk yang ditawarkan oleh Google. Salah satu produk yang banyak digunakan adalah browser Google Chrome. Browser Google Chrome adalah browser internet yang sangat populer dan tersedia untuk semua platform dan sistem operasi. Boleh dikatakan browser ini adalah browser yang terbaik diantara yang lainnya.

Namun, walupun terbilang terbaik, Google Chrome juga memiliki masalah, karena browser ini dapat mengkonsumsi banyak RAM. Para pengguna Google Chrome yang mempunyai perangkat memory yang rendah, akan sedikit menderita karena lambatnya multitasking bila terlalu banyak membuka situs/halaman secara bersamaan.

Banyak pengguna Google Chrome yang mencari cara agar google chrome tidak menggunakan ram terlalu banyak di windows yang mereka pakai. Nah,... disini kami memiliki cara bagaimana mempebaiki google chrome dalam penggunaan RAM yang sedikit. Silahkan Anda ikuti metode yang akan kami berikan dibawah ini untuk memperbaiki Google Chrome yang menguras RAM terlalu banyak.

Kenapa Google Chrome Bisa Memakan Banyak RAM

Google Chrome menggunakan terlalu banyak RAM, karena menghemat setiap tab, setiap ekstensi dan juga semua plugin sebagai proses yang berbeda didalam RAM. Dalam bahasa-nya dikenal dengan proses "isolasi". Hal ini dimaksudkan agar bisa meningkatkan kecepatan dan stabilitas. Proses khusus untuk setiap elemen tidak akan pernah mati. Bahkan, jika satu elemen macet maka sisa browser tetap akan bekerja dengan stabil. Dan konsekwensinya adalah menjadikan konsumsi RAM yang sangat tinggi dan juga konsumsi sumber dayanya juga besar.

Bagaimana Untuk Memperbaiki Google Chrome Agar Tidak Menggunakan RAM Terlalu Banyak

Nah, inilah yang ditunggu-tunggu, berikut ini 2 cara ang dapat digunakan untuk memperbaiki Google Chrome yang terlalu banyak memakan RAM. Silahkan ikuti secara seksama agar kinerja komputer Anda tetap stabil walaupun Anda berselancar di internet dengan browser Google Chrome.

Cara Pertama :  Pengelolaan Tugas Chrome

Kemungkinan besar masih banyak pengguna Google Chrome yang belum mengetahui bahwa ada task manager yang dibagun langsung ke Chrome, yang bisa menangani proses yang berjalan di browser. Adapun cara untuk mengakses task manager adalah sebagai berikut  :

1. Untuk Windoes, silahkan tekan "Shift + Esc" / Untuk MAC, "Windows Menu". Maka akan muncul tampilan menu seperti gambar dibawah ini.


2. Disini Anda bisa menonaktifkan proses yang tidak perlu, hal ini dapat menggurangi banyaknya RAM yang terpakai karena Google Chrome ini. Silahkan pilih programnya kemudian klik "End process"

Cara Kedua  : Tab Discarding.

Cara memperbaiki Google Chrome ini, bisa dibilang cukup profesional. Hal yang dilakukan disini adalah dengan membuang tab yang belum pernah digunakan oleh pengguna untuk lebih menghemat RAM yang ada.

Adapun cara mengaktifkan Tab Discarding, silahkan ikuti langkah di bawah ini.

Dibilah alamat, silahkan ketikkan "chrome://flags/#enable-tab-discarding" tanpa tanda petik lalu tekan Enter.

Lalu klik "Enable" di bawah entri untuk "Enable Tab Discarding"


Itulah dua cara agar google chrome tidak menggunakan RAM terlalu banyak di perangkat yang kita gunakan. Silahkan dicoba, apabila ada hal yang belum jelas, silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom komentar, agar kita bisa diskusi sama-sama. Semoga bermanfaat

Related Posts

Subscribe Our Newsletter