Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Jalan (Macet)


Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Jalan (Macet) - Touchpad adalah perangkat yang sangat penting dalam Laptop, fungsi toucpad adalah sama dengan mouse konfensional yang sering digunakan pada PC. Untuk membuka program-program yang akan di jalankan di laptop pasti selalu akan menggunakan touchpad jika pengguna tidak menggunakan Mouse.

Lalu apa jadinya kalau ternyata touchpad laptop macet dan tidak bisa jalan?... tentunya kita akan kebingungan karena tidak bisa menjalankan program-program yang akan kita kerjakan, apalagi jika kita tidak punya mouse atau tidak membawa mouse.

Penyebab Touchpad Macet

Ada beberapa penyebab kenapa toucppad tiba-tiba macet dan tidak bisa jalan, beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Touchpade terkunci.
2. Banyaknya terpasang USB di laptop, sehingga terjadi tumpang tidih pada perangkat.
3. Terjadi prubahan baik itu disengaja maupun tidak pada laptop.
4. Software touchpad error dan bermasalah.

Cara Mengatasi Touchpad Yang Macet

Cara Pertama

Silahkan tekan secara bersamaan tombol Fn + F7, kedua tombol ini bila ditekan secara bersamaan akan mempunyai fungsi mematikan dan menghidupkan perangkat toucpad laptop Anda.
Yang perlu diperhatikan disini adalah, setiap merek laptop mempunyyai tombol kombinasi yang berbeda didalam mematikan dan menghidupkan touchpad, nah,.. berikut ini kombinasi tombol tersebut dalam berbagai merek laptop.
1. Laptop Merek Acer menggunakan Fn+F7
2. Laptop Merek Mac menggunakan Fn+F2
3. Laptop Merek Toshiba menggunakan Fn+F9
4. Laptop Merek Dell menggunakan Fn+F7
5. Laptop Merek Asus menggunakan Fn+F3 atau F7
6. Laptop Merek Lenovo menggunakan Fn+F6

Cara Kedua

Lepaskan semua USB yang terhubung ke Laptop, kemudian start ulang Laptop Anda. Ada kemungkinan macetnya touchpad dan tidak mau jalan karena diakibatkan oleh banyaknya USB yang terpasang, dan itu menjadi tumpang tindih pada perangkat untuk menggerakkan kursor.

Cara Ketiga

Anda bisa menggunakan System Restore. System Restrore mempunyai fungsi untuk mengembalikan setiap perubahan pada laptop maupun komputer, baik itu yang memang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja dalam rentang waktu seminggu sebelumnya maupun yang lain.

Cara Keempat

Cara keempat ini terbilang sedikit exstrim, yaitu dengan menghapus driver touchpad dari program laptop Anda. Setelah driver touchpad terhapus, kemudian silahkan instal ulang kembali driver tochpad Anda. Dengan cara ini kemungkinan besar laptop akan bisa mendeteksi perangkat touchpad kembali.

Sangan disaran, jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda telah mempunyai driver touchpad nya, jika tidak tentu malah akan membuat susah Anda sendiri.
Itulah penyebab dan cara mengatasi touchpad macet, apabila dengan keempat cara diatas touchpade tetap tidak mau jalan, satu-satunya solusi adalah membawa laptop ke tukang service untuk diperbaiki sistemnya.

Demikian Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Jalan, apabila ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi sama-sama. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter